Wisata Edukasi Pantai Dan Makam Lowang Baloq



 Assalamuaikum wr.wb

            Wisata Lombok- Siapa yang tak mengenal LOMBOK pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya dan keindahan pantainya .pulau ini juga mendapat julukan pulau 1000 Masjid yang pastinya jumlah masjid yang terdapat dipulau ini sangatlah banyak dan mendapatkan World Best Halal Destination Award 2015.tak hayal jika di pulau ini memiki  banyak tempat wisata yang berbau religi.
 Dipostingan pertama kali ini saya akan memperkenalkan daerah wisata yang ada di Lombok yang tidak banyak orang tahu salah satunya yaitu makam “Lowang Baloq” Letaknya di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Ampenan. Kira-kira 6 kilometer dari Kota Mataram. Dengan jarak tempuh waktu kira-kira 20 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi .




Lowang Baloq merupakan makam kramat yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Namun sebelum itu  nama Lowang Baloq berasal dari bahasa sasak yang berarti Lubang Buaya atau ada juga yang menyebutnya sebagai pohon Beringin yang berlubang.yang membuat makam ini unik ialah terdapat makam ulama besar bernama maulana Syech Gaus Abdurrazak atau yang lebih dikenal dengan dengan nama sayyid Tohri yang berasal dari jazirah Arab pada tahun 1866 datang ke Palembang dan melanjutkan perjalanan dari pesisir pantai Ampenan sampai  ke Mataram sayyid Tohri sangat berperan penting dalam penyebaran agama islam di Lombok, tak heran jika setiap hari ada saja orang –orang yang datang berziarah. Selain makam sayyid Tohri terdapat juga makam Datuk laut dan makam para anak yatim.makam ini tak pernah sepi penggunjung bahkan jika dihari sibuk pun makam ini tetap ramai pengunjung .

Di Daerah Lombok sendiri terdapat tradisi yaitu menggunjungi makam saat lebaran topat (yaitu hari ke7 setelah hari raya Idul Fitri karna pada hari itu biasanya keluarga pergi rekreasi dan memasak ketupat),acara ngurisan yaitu memotong rambut bayi,membayar nazar  mendoakan Sayyid Tohri atas pengorbanannya dan mendoakan keselamatan diri sendiri pada saat moment-moment seperti inilah terjadi lonjakan pengunjung yang sangat tinggi.

Pada saat akan memasuki makam ini kita akan disambut oleh Pohon Beringin yang sangat besar yang berusia ratusan tahun yang didalamnya terdapat makam Sayyid Tohri ,sebelum memasuki makam harus dalam keadaan suci artinya bagi perempuan yang sedang berhalangan atau yang sedang tidak sholat dilarang untuk memasuki makam ini . pada saat masuk makam terdapat kolam kecil yang terdapat disebelah kanan yang disediakan untuk mempermudahkan para pengunjung untuk mengambil air untuk berziarah.sedangkan makam datuk Laut dan makam anak yatim terdapat di luar pohon beringin dengan ukuran yang lebih kecil.

 Demi keindahan dan kenyamanaan para pengunjung dibuat peraturan yang melarang untuk mengikatkan plastic pada akar pohon beringin  namun masih saja ada saja yang melangar hal ini perlu kesadaran kita bersama sebagai seorang muslim hendaklah tidak menggantungkan harapan kita pada seutas akar pohon beringin .
Selain makam Lowang baloq terdapat juga pantai Lowang baloq yang terdapat tepat di depan makam Lowang Baloq .yang hanya terpisah oleh jalan raya .biasanya para penggunjung yang telah selesai berziarah ke makam langsung menggunjungi pantai ini ,dengan Area yang cukup luwas dan Fasilitas yang mendukung membuat pantai ini juga ramai dikunjungi



Potensi wisata makam dan pantai Lowang Baloq ini dapat memperkenalkan kearifan lokal Lombok sehingga tidak hanya dapat dikunjungi pengunjung lokal dan luar daerah saja namun dapat menarik perhatian pengunjung asing.Di Lombok sendiri masih banyak makam makam bersejarah yang wajib di kunjungi antara lain :Makam Batu Layar ,Makam Bintaro ,Makam Selaparang dan masih banyak yang lainya  .kita ulas dilain waktu yang guys……

Wassalamuaikum wr.wb

Thank for reding



Komentar

Posting Komentar